Yuk, Kenali 5 Tipe Mahasiswa di Dunia Perkuliahan, Kamu Termasuk Tipe yang Mana Nih?

Mahasiswa adalah sebutan bagi orang yang sedang menempuh pendidikan tinggi di sebuah perguruan tinggi yang terdiri dari sekolah tinggi, akademi, dan yang paling umum adalah Universitas. Sebagai seorang mahasiswa, tentu kegiatan belajar dan pergaulannya pun akan jauh berbeda jika dibandingkan dengan jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA). 


Mulai dari sistem belajar, organisasi, hingga lingkungan sosialnya. Dengan beragamanya aktivitas yang mahasiswa jalani selama berkuliah, mahasiswa di kampus memiliki tipe yang berbeda-beda. Hal itu dikarenakan waktu kuliah dan kegiatan kampus yang diminati juga berbeda. Oleh sebab itu, perlu Anda kenali  5 tipe mahasiswa di kampus.


Berikut ini 5 tipe mahasiswa kampus yang bisa Anda temukan di dunia perkuliahan.


Yuk, Kenali 5 Tipe Mahasiswa di Dunia Perkuliahan, Kamu Termasuk Tipe yang Mana Nih?

Dunia Perkuliahan

1. Tipe Mahasiswa Kupu-Kupu (Kuliah pulang - Kuliah pulang)

Tipe yang pertama adalah yang paling sering di dengar di kalangan mahasiswa. Terlebih saat dunia perkuliahan belum mengenal sistem online alias semuanya masih offline.


Yap! Mahasiswa kupu-kupu alias kuliah pulang-kuliah pulang.


Dilihat dari namanya saja sudah ketahuan, mahasiswa kupu-kupu ini kegiatan yang dilakukan sehari-harinya adalah kuliah seperti biasa kemudian langsung pulang ke rumah atau ke kos-kosan ketika perkuliahan telah selesai. Tipe mahasiswa ini tidak begitu aktif dalam berbagai macam organisasi kampus ataupun dalam kegiatan kemahasiswaan lainnya. 


Ada beragam alasan kenapa beberapa mahasiswa memilih menjadi mahasiswa kupu-kupu, bisa karena fokus mengejar nilai akademik, atau bisa jadi karena ada hal lain yang jauh lebih produktif dikerjakan di rumah dibanding berlama-lama di kampus, Eitts! Tapi ada juga loohh mereka yang menjadi mahasiswa kupu-kupu karena malas saja berlama-lama di kampus dan lebih nyaman rebahan di kamar. Apakah Anda termasuk salah satunya?


2. Tipe Mahasiswa Kura-Kura (Kuliah rapat - Kuliah rapat)

Berbeda dibandingkan dengan mahasiswa kupu-kupu, setelah perkuliahan selesai tipe mahasiswa satu ini tidak langsung pulang ke rumah atau ke kos-kosan. Karena mahasiswa kura-kura adalah tipe mahasiswa yang sibuk dengan kegiatan keorganisasian dan kegiatan kemahasiswaan lainnya. Bagi mahasiswa kura-kura, bisa dibilang 'tiada hari tanpa rapat'. Mahasiswa tipe ini punya banyak organisasi yang diikuti yang membuatnya sangat sibuk.


Menjadi tipe mahasiswa Kura-Kura memiliki banyak keuntungan diantaranya pengalaman berorganisasi, komunikasi, kemampuan problem solving, public speaking, menambah relasi dan pertemanan, menambah pengetahuan dsb, yang bisa berguna untuk bekal setelah lulus kuliah.


Namun, hal yang perlu menjadi catatan untuk tipe mahasiswa satu ini adalah jangan sampai mengesampingkan perkuliahan yaaa. Memang sangat dianjurkan memiliki banyak kegiatan produktif selama berkuliah, tapi jangan sampai mengesampingkan nilai dan prestasi selama berkuliah. Karena pada dasarnya, tugas dari seorang mahasiswa salah satunya adalah belajar dan menuntut ilmu.




3. Tipe Mahasiswa Kunang-Kunang (Kuliah nangkring - Kuliah nangkring)

Tipe mahasiswa selanjutnya adalah tipe mahasiswa kunang-kunang, alias kuliah nangkring-kuliah nangkring. Mahasiswa satu ini, kegiatan sehari-harinya setelah berkuliah adalah nangkring atau nongkrong. Tipe mahasiswa ini bisa dibilang tipe mahasiswa yang paling santai. Entah ada tugas atau tidak semua bisa dibicarakan dan didiskusikan sambil nongkrong.


Tertarik menjadi mahasiswa satu ini?


4. Tipe Mahasiswa Kuda-Kuda (Kuliah dagang - Kuliah dagang)

Seperti namanya yang sudah terlihat jelas, mahasiswa kuda-kuda adalah tipe mahasiswa yang kegiatan setelah perkuliahan adalah berdagang atau berjualan. Menjadi mahasiswa kuda-kuda bisa melatih jiwa berbisnis. Apalagi untuk mahasiswa perantau, kuliah sambil berdagang bisa menjadi alternatif menambah uang untuk membiayai kebutuhan sehari-hari ataupun biaya kuliah.


5. Tipe Mahasiswa Kue-Kue (Kuliah gawe - Kuliah gawe)

Tipe mahasiswa yang satu ini bisa dibilang tipe mahasiswa yang pandai membagi waktu dan pikirannya. Sebab, mahasiswa tipe ini harus menyelesaikan kegiatan dan tugas kuliah kemudian melanjutkan tugas dari tempat kerja.


Hal ini biasa ditemukan di kalangan mahasiswa karena beberapa mahasiswa memang sering mencari pekerjaan paruh waktu. Selain bisa menambah uang saku juga bisa mendapatkan pengalaman bekerja.


Itulah 5 tipe mahasiswa kampus di dunia perkuliahan. Kalau Anda termasuk tipe yang mana nih?


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel